Jumat, 18 Mei 2012

Iko Uwais Bersama The Raid-nya :)

Si ganteng atlet pencak silat, Iko Uwais mendadak menjadi trending topic di kalangan cineas Indonesia (bukan karena gosipnya sama Audy ya :D).
Gimana nggak?Dia dengan sukses membintangi film The Raid yang mendapatkan seabreg (bahasa apa ya itu :D) penghargaan tingkat internasional
Ada sekitar 6 penghargaan yang berhasil membanggakan nama bangsa Indonesia di mata dunia..penasaran kan apa aja?ini nih :
  1. The Cadillac People's Choice Midnight Madness Award, Toronto International Film Festival 2011
  2. Salah satu dari 11 film yang menjadi Spotlight dalam Festival Film Saudance 2012
  3. Audience Award dan Dubin Film Critics Circle Best Film dalam Festival Film International Dublin Jameson 2012
  4. Terpilih menjadi penutup sesi FrightFest dalam Festival Film Glasgow 2012
  5. Prix du Public dalam 6eme Festival Mauvais Genre di Tours, Prancis
  6. Spits Silver Scream Award pada Festival Film Imagine ke-28 di Amsterdam, Belanda
Film The Raid ini menjadi film pertama yang ditayangkan secara komersil di Amerika lho..selain itu hak edarnya  sudah dibeli oleh Sony Pictures Classic..
Wew..bukan cuma itu lho rek...The Raid : Redemption  sempat bertengger di urutan ke-11 Box Office Amerika pada pekan ke-3 penayangannya...total pendapatannya aja lebih dari 3,8 juta Dollar AS lho...wah, bisa dapat bonus banyak ya pemain-pemainnya :D
Dari 14 teater yang memutar, The Raid berhasil mengumpulkan keuntungan sampai 221ribu Dollar AS atau sekitar 2 miliar lah..

Adakah yang fenomenal lagi dari film ini?
Oh..tentu masih ada guys!
Film laga yang berdurasi 90 menit ini hak edarnya sudah dibeli oleh 50 negara di seluruh dunia lho!
Tanggal 23 Maret kemarin, The Raid tayang serentak di Indonesia, Kanda, AS, dan Australia. Pada bulan Mei ini, The Raid tayang di beberapa negara Asia seperti Korea, Jepang, Singapura, juga Hongkong. Kalau untuk Eropa sih tayangnya baru bulan Juni nanti.

Masih kurang?
Ada lagi kok...The Raid memberi skor fresh 86% berdasarkan ulasan kritikus-kritikus film di AS. Ini artinya 86% ulasan film The Raid bernada positif guys..

Wah..emang banyak banget ya penghargaannya..
Ini nih ada yang nyusul lagi
The Raid mendapat penghargaan dari Wapres kita lho
Bapak Boediono memberikan penghargaan ini dalam rangka memperingati Hari Hak Kekayaan Intelektual sedunia yang mengangkat tema "Menjadi Inovatir Kelas Dunia"

Banyaknya film-film Indonesia yang masih kurang berkualita, The Raid bisa memberikan angin segar kepada kita semua pecinta film bioskop yang ingin film-film di Indonesia bukan hanya menghibur tapi juga berkualitas dan bisa berprestasi di tingkat internasional..
Semangat deh buat para cineas Indonesia!Terutama untuk para cineas muda yang harus lebih kreatif ya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar