Kamis, 17 Mei 2012

-Warisan Langka Indonesia-Bagian 1

Hey Guys...
Bicara soal alam Indonesia, kita pasti bakalan capek buat nyebutin satu-satu..
Gimana nggak? Kekayaan alam Indonesia kan bejibun tuh..
Tapi nih tapi ada info yang harus aku share nih...
Ada tiga kekayaan alam Indonesia yang termasuk kategori langka di dunia lho!

Yang pertama adalah Bunga Rafflesia Arnoldi.

Bunga ini cuma ada di Indonesia lho. Terutama di Sumatera Selatan (Bengkulu,Jambi,Sumatera Selatan). Taman Nasional Kerinci Seblat itu tempat konservasi utama dari bunga ini. Di pulau Jawa cuma ada satu jenis, diberi nama Rafflesia Patma, umumnya di daerah Jawa Barat.
Bunga ini ditemukan oleh rombongan Sir Stamford(gubernur East Indi Company di Sumatera dan Jawa) dan Dr. Joseph Arnold(naturalis yang mengadakan ekspedisi di Bengkulu tanggal 20 Mei 1818). Kedua nama orang berjasa tersebut diabadikan menjadi latin bunga ini oleh Robert Brown.
Rafflesia arnoldi itu tanaman parasit obligat
yang berukuran sangat besar(terbesar di dunia lho). Bunga ini tumbuh di jaringan tumbuhan merambat (liana), tidak berakar, tidak memiliki daun, tidak bertangkai, juga tidak mampu berfotosintesis.
Diameter bunga saat mekar sampai 1 meter(ckck..gedhe ya?) dan beratnya 11 kilogram(hampir sama beratnya ponakanq[1,5 tahun]). Bunga ini memiliki lima mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong. Di bagian dasar bunga ini ada piringan berduri, isinya benang sari bisa juga putik(tergantung jenis kelamin bunganya). Penyerbukan bunga ini dibantu sama lalat karena bunga ini mengeluarkan bau busuk(makanya sering disebut bungai bangkai). Bunga ini menghisap unsur anorganik juga organik dari inangnya. Bunga ini cuma bisa bertahan 5-7 hari aja,setelah itu layu atau mati.

Masih ada dua lagi warisan langka dari Indonesia,penasaran?tunggu posting selanjutnya di bagian 2 dan 3 ya? :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar